Pj Gubernur Ridwan Minta Persiapan G20 Belitung Rampung dalam 3 Minggu

Pj Gubernur Ridwan Minta Persiapan G20 Belitung Rampung dalam 3 Minggu

Advertorial

 

SIJUK BBC - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin meminta semua persiapan _Development Working Group_ (DWG) G20 Belitung rampung dalam kurun waktu tiga minggu mendatang. Permintaan itu disampaikannya saat melaksanakan rapat pembahasan kesiapan infrastruktur DWG G20 di Ballroom Sheraton Belitung Resort, Jumat (29/7).

"Intinya kami dari jajaran pemerintah daerah siap. Target kita 3 minggu ke depan harus selesai karena _event_ akan berlangsung 5 minggu lagi," ujar Pj Gubernur.

Pj Gubernur memaparkan sejumlah persiapan yang telah dilakukan pihaknya untuk menyukseskan gelaran internasional yang berlangsung pada 7-9 September mendatang. Misalnya, terkait jadwal penerbangan tambahan, ia telah menghubungi maskapai Garuda Air dan Lion Air untuk menambah jadwal penerbangan menuju Pulau Belitung.

Infrastruktur juga menjadi salah satu atensinya, sehingga dalam waktu dekat jajarannya akan melakukan perbaikan jalan, penambahan marka jalan, rambu lalu lintas, dan juga termasuk penerangan jalan yang tentunya butuh dukungan dari PLN.

Beberapa poin penting juga dibahas dalam rapat tersebut, yaitu persiapan di bidang _venue_ acara, bandara dan jadwal penerbangan, akomodasi delegasi, transportasi delegasi, fasilitas kesehatan, keamanan, infrastruktur kota dan pariwisata, konektivitas jaringan, dan keterlibatan masyarakat.

"Termasuk saya usulkan untuk menyiapkan Liaison Officer bagi tiap delegasi negara," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Menteri PPN/Sekretaris Utama Bappenas Taufik Hanafi mengatakan terpilihnya Belitung menjadi salah satu tuan rumah G20, merupakan hal yang patut dibanggakan, karena melalui seleksi yang ketat.

Oleh karenanya ia meminta segala pihak untuk saling membantu dan berkolaborasi guna menyukseskan _event_ internasional tersebut.

"Kerjasama, kolaborasi dan dukungan sangat menentukan perhelatan G20 Belitung ke depan," pesannya.

Pihak Bappenas juga menginformasikan bahwa pihaknya telah mengirimkan undangan ke delegasi menteri pembangunan pada 18 Juli 2022, sementara _administrative circular_dan _logistic note_ akan dikirimkan pada 1 Agustus 2022.

Saat ini tim dari kedutaan besar negara yang diundang, telah melakukan peninjauan ke Belitung untuk memberikan rekomendasi kepada masing-masing menterinya.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top