Lempah Kuning Body Pelakor, Kuliner Unik Khas Bangka Menggugah Selera

Lempah Kuning Body Pelakor, Kuliner Unik Khas Bangka Menggugah Selera

beritababel

 

PANGKALPINANG BBC - Selain terkenal akan keindahan pantainya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga memiliki beragam kuliner yang patut dicoba. Salah satu kuliner unik khas Pulau Bangka tersebut yaitu lempah kuning “body pelakor”.

Kuliner yang satu ini cukup unik karena diberi nama lempah kuning pelakor. Kata “body pelakor” tersebut merupakan kepanjangan dari badan, kepala dan ekor ikan.

Hidangan khas Pulau Bangka ini menggunakan bahan dasar ikan laut yang dimasak bersama bumbu-bumbu khusus warisan nenek moyang.

Lempah kuning ikan ini biasanya disantap bersama lalapan sayur dan sambal yang dikenal masyarakat Bangka Belitung dengan sebutan sambal terasi.

Lempah atau sup berkuah kuning ini diracik menggunakan perpaduan rempah-rempah alami seperti kunyit, bawang, cabai, asem jawa, dan terasi ditambah garam, gula dan penyedap rasa.

Bumbu tersebut kemudian ditumbuk atau dihaluskan menggunakan blender. Selanjutnya bumbu yang sudah dihaluskan direbus dengan air hingga mendidih.

Setelahnya, baru kemudian ikan segar dimasukkan ke dalam rebusan air bumbu tersebut dan tunggu sekitar 10 sampai 15 menit dan lempah kuning siap dihidangkan.

Penjual lempah kuning body pelakor, Fadil mengaku memasak merupakan salah satu hobinya. Apalagi dirinya berlatar belakang dari keluarga yang pintar memasak.

“Bakat memasak ini saya warisi dari nenek dan ibu saya. Sejak kecil saya sudah hobi memasak. Dulu sering bantu orang tua bikin sekaligus jual lauk masak di rumah,” kata Fadil, Senin (1/8/2022).

Dia mengatakan berbekal keahlian memasak tersebut akhirnya dirinya memberanikan diri membuka sebuah warung lempah kuning di Jalan Stania, Bukit Baru, Pangkapinang.

“Alhamdulillah sekarang saya sudah buka warung sendiri. Menu andalannya yaitu lempah kuning “body pelakor” (badan, kepala dan ekor),” ujarnya.

Sementara untuk harga lempah ikan yang ditawarkan di warung ini bervariasi mulai dari Rp25.000-Rp40.000 per porsi, tergantung jenis dan bobot ikan yang dipilih.

“Untuk harga lempah di sini terjangkau sih. Tergantung jenis dan bobot ikannya,” tuturnya.

Nah, bagi Anda pecinta kuliner yang ingin mencicipi lempah kuning “body pelakor” silakan datang ke warung Dilempah OMB di Jalan Stania, Bukit Baru, Kota Pangkapinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, atau tepatnya di ujung parkir timur Cafe Temu Kopi.

Yuk, tunggu apalagi. Selain enak, lempah kuning “body pelakor” dijamin dapat menggugah selera makan dan membuat lidah Anda bergoyang sekaligus menyehatkan tubuh. Sebab, hidangan yang satu ini berbahan dasar ikan segar dengan ramuan rempah-rempah alami.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top