BUPATI BELITUNG SERAHKAN SK REMISI KEPADA KALAPAS 2 WBP LAPAS TANJUNGPANDAN LANGSUNG BEBAS

BUPATI BELITUNG SERAHKAN SK REMISI KEPADA KALAPAS 2 WBP LAPAS TANJUNGPANDAN LANGSUNG BEBAS

beritababel

 

BELITUNG BBC - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) memberikan remisi umum kepada 168.196 narapidana di seluruh Indonesia dalam rangka peringatan HUT RI ke-77 yang jatuh pada hari ini, Rabu, 17 Agustus 2022. Pada Peringatan HUT RI tahun ini, Menkumham menyerahkan Remisi Umum kepada 168.196 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), bahkan 2.725 di antaranya langsung bebas. Remisi umum tahun 2022 ini terdiri atas 166.191 RU I (pengurangan masa pidana sebagian) dan 2.725 RU II (langsung bebas). Di Lembaga Pemasyarakatan (Lappas) Kelas IIB Tanjungpandan Kanwil Kemenkumham Babel, Penyerahan SK Remisi dilaksanakan di Aula Lapas Rabu (17/8/2022). Bupati Belitung menyerahkan SK Remisi dari Menkumham RI Kepada Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan dengan total WBP yang menerima Remisi sebanyak 120 Orang dan 2 diantaranya langsung bebas.

Adapun rincian Penerima Remisi Umum di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan sebanyak 43 Orang Menerima Remisi 1 Bulan, 25 Orang menerima remisi 2 Bulan, 22 Orang menerima remisi 3 bulan, 10 orang menerima remisi 4 bulan, 12 orang menerima remisi 5 bulan dan 5 orang menerima remisi 6 bulan.
Dalam sambutannya Menteri Hukum & HAM RI Yasonna H. Laoly menyampaikan “Saya atas nama pemerintah Indonesia mengucapkan selamat kepada WBP yang menerima remisi. Tunjukkan sikap dan perilaku baik secara konsisten, taat, serta patuh menjalani ketentuan yang ada dalam program pembinaan. Bagi WBP yang langsung bebas, saya berharap jadilan insan dan pribadi yang benar-benar menyadari kesalahan, dapat memperbaiki diri, serta tidak mengulangi lagi perbuatan yang salah. Tidak ada kata terlambat," ujar Yasonna dalam sambutanya yang dibacakan oleh Bupati Belitung H. Sahani Shaleh, S.Sos.


Selanjutnya, Bupati Belitung menyampaikan apresiasi kepada Kalapas dan Jajaran atas pembinaan yang telah dijalankan di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Pola pembinaan yang telah baik dan dijalankan ini harus dipertahankan agar Lapas ini tetap kondusif walaupun saat ini sudah sedikit melebihi kapasitas, 

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Huitasoit, SH, MH menjelaskan pemberian remisi bagi WBP merupakan bentuk penghargaan bagi mereka yang telah berkomitmen mengikuti program-program pembinaan yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dengan baik. Mereka telah diberikan bekal mental, spiritual, dan sosial untuk dapat berintegrasi secara sehat saat kembali di tengah masyarakat. Dalam kesempatan tersebuit, Kalapas juga menjelaskan berbagai Inovasi yang telah dijalankan oleh jajarannya diantaranya adalah Blok Hijau dan Penanaman 1000 Polibek Cabe di Lahan gersang bekas lapangan olahraga. Meskipun dibalik tembok Lapas, WBP harus mampu menunjukkan semangat dalam mengisi kemerdekaan, "Ujar Romiwin.(kandar)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top