Meriahkan HUT RI, TP PKK Kep. Babel Adakan Lomba Menghias Tumpeng dan Cipta Menu Makanan

Meriahkan HUT RI, TP PKK Kep. Babel Adakan Lomba Menghias Tumpeng dan Cipta Menu Makanan

Advertorial

 

PANGKALPINANG BBC - Pesta rakyat diadakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun kw -77 Republik Indonesia (HUT RI), Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Sri Utami Soedarsono Djamaluddin, membuka secara resmi Lomba Menghias Tumpeng dan Cipta Menu Makanan Anak Berbahan Dasar Ikan bertempat di Gedung Mahligai Komplek Rumah Dinas Gubernur, Kamis (18/8/2022)

“Lomba menghias tumpeng hari ini akan berbeda dari biasanya, tumpeng yang telah selesai di perlombakan akan kita berikan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), panti jompo, dan panti asuhan yang telah di data untuk menerimanya," ungkap Ibu Sri Utami dalam sambutannya pada kegiatan lomba menghias tumpeng yang diikuti oleh 26 kelompok peserta lomba yang berasal dari organisasi wanita dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Kep Babel.

“Nasi tumpeng merupakan sajian nasi lengkap dengan lauk pauk sebagai menu komplit bergizi tinggi yang terdapat kandungan karbohidrat, vitamin, lemak, protein, serta antioksidan. Lomba menghias tumpeng ini dilaksanakan sebagai bentuk kecintaan untuk tanah air Indonesia," jelasnya.

Pada hari yang sama, pengumuman pemenang Lomba Menghias Tumpeng langsung diumumkan, antara lain:
Juara I Bhayangkari Bangka Tengah
Juara II TP PKK Kabupaten Bangka Barat
Juara III Dinas Kesehatan Provinsi Kep. Babel
Juara Harapan I Dapur Kite PGK
Juara Harapan II Bhayangkari Bangka Selatan
Juara Harapan III Bhayangkari Polisi Daerah (Polda) Kep. Babel


*Cipta Menu Makanan*
Selanjutnya, di lokasi yang sama diperlombakan juga Lomba Cipta Menu Makanan Anak Berbahan Dasar Ikan. Peserta lomba cipta makanan diikuti oleh 30 peserta perwakilan Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka, dan Kota Pangkalpinang dengan mengikutsertakan 10 anak dari masing-masing lembaga.

Ibu Sri Utami yang juga Bunda PAUD Provinsi Kep. Babel juga menegaskan, “Ibu-ibu yang membuat menu makanan anak berbahan dasar ikan harus bergizi sehat, lengkap, seimbang, dan aman.”

Ibu Sri Utami menjelaskan anak-anak PAUD yang hadir juga berkontribusi untuk menentukan pemenang lomba cipta makanan. Jadi yang dinilai bukan hanya tampilannya, tapi juga memastikan anak-anak mau memakan menu tersebut.

“InsyaAllah ke depannya saya mau membuat buku menu makanan sebagai acuan Ibu-Ibu memasak macam-macam menu makanan anak yang berbahan dasar ikan yang akan di sebarkan ke PAUD," ungkapnya

Berikut adaalah pemenang dari Lomba Cipta Makanan:
Juara I PAUD Pelita Hati
Juara II PAUD Nusa Indah
Juara III PAUD Azizah
Juara Harapan I PAUD Taman Safalah
Juara Harapan II PAUD Mutiara Hikmah
Juara Harapan III PAUD An-Nur

Ibu Sri Utami juga menyampaikan perlombaan ini adalah pesta seluruh rakyat, baik itu anak-anak PAUD, anak di panti asuhan, dan rakyat di panti jompo.

“Jadi kita semua berbahagia bersama-sama melaksanakan pesta rakyat Dirgahayu yang ke-77 Indonesia, melalui lomba ini di harapkan menjadi wahana pembelajaran dan mengasah kemampuan memasak, mengolah cita rasa ikan menjadi lebih sedap, menarik, dan tidak membosankan,” harapnya

Turut hadir dalam acara tersebut Istri Kapolda Kep. Babel, Istri Komandan Lanud, Istri Direktur Utama (Dirut) PT. Timah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Ibu Bupati Bangka Barat, dan Ibu Walikota Pangkalpinang

“Saya mengucapkan terima kasih atas partisipasi panitia yang dalam hal ini melibatkan berbagai pihak seperti PT. Angkasa Pura, PKK, HIMPAUDI, Forikan, dan dinas terkait," pungkasnya.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top