Menteri Suharso Pastikan Kesiapan Fasilitas G20 di Belitung

Menteri Suharso Pastikan Kesiapan Fasilitas G20 di Belitung

Advertorial

 


TANJUNG PANDAN BBC - Belitung tetap mempersiapkan maksimal menyambut G20 yang tinggal hitungan hari, walau beberapa pendukung tidak jadi dikucurkan oleh pusat, hari ini Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin duduk satu meja bersama Menteri Bappenas RI, KASAD, Bupati Belitung, Bupati Belitung Timur, di VVIP kedatangan Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Sabtu (20/08/2022).

Menteri Bappenas Republik Indonesia, Suharso Monoarfa bersama rombongan yang terdiri dari Sesmen/Sestama, Deputi Pendanaan, Deputi Sarpras, SKM, Direktur Kerja Sama Pendanaan Bilateral, Direktur Transportasi, Karo Humas menggunakan Pesawat Komersil Citilink pada pukul 13.40 dan langsung menuju Base Ops. Pangkalan TNI Angkatan Udara Tanjung Pandan.

Menteri PPN/Bappenas dan rombongan kembali mengunjungi Pulau Belitung dalam rangka Kunjungan Kerja ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk pengecekan kesiapan Bandara dan Ruang VIP terkait Persiapan kedatangan para delegasi Pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20 Belitung di Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin, Tanjung Pandan, Kab. Belitung.

Pj. Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin bersama KASAD TNI Dudung Abdurrachman menyambut saat kedatangan dan langsung meninjau kesiapan ruang VVIP kedatangan yang akan digunakan oleh delegasi VVIP G20 di Belitung.

Di ruang VVIP yang sudah disulap menjadi ruangan dengan interior yang sarat akan khas Pulau Belitung ini, Menteri Bappenas mendapat beberapa laporan. Dirinya tampak cukup puas usai meninjau langsung fasilitas-fasilitas di VVIP ini, dan mengatakan ingin fasilitas penerbangan langsung dari Singapura.

"Saya sudah membicarakan dengan menhub, bahwa penerbangan dari Singapura ke belitung bisa kembali dibuka," harapnya agar dapat menjadi pilihan penerbangan langsung ke Pulau Belitung dari Singapura selain untuk G20, juga untuk meningkatnya pariwisata fasilitas ini perlu untuk ada.

Menanggapi ini, Bupati Sahani Saleh, mengatakan bahwa pemerintah daerah juga ingin penerbangan internasional Belitung kembali terbuka usai harus tutup saat pandemi selama dua tahun lalu.

"Gara-gara corona, dicabut penerbangan internasional, kami harap bisa kembali dibuka," ungkap Bupati Belitung ini.

Sementara Pj. Gubernur Kep. Babel Ridwan Djamaluddin menjelaskan bahwa fasilitas yang ada di VVIP ini atas dukungan dari berbagai _stakeholder_ seperti perbankan dan instansi-instansi.
Tak terkecuali Kantor Pangkalan TNI Angkatan Udara sebagai empunya, yang sebelumnya merupakan Base Ops yang beroperasi aktif. Untuk mendukung pelaksanaan G20, Ruang pertemuan Base Ops dialih fungsikan sementara usai dilakukan renovasi sebagai ruang VVIP.

Dilaporkan pula keterlibatan masyarakat, anak muda, berbagai asosiasi yang dikumpulkan dalam acara bertajuk Gawai 20, satu hari sebelum kedatangan Menteri Suharso.

"Acara ini dilaksanakan di Belitung Timur, untuk mengajak semua elemen berperan serta memfasilitasi delegasi. Seperti, fasilitas laundry dan sebagainya," jelas Pj. Gubernur Kep. Babel Ridwan Jamaluddin.

Peninjauan dilanjutkan ke jalur umum kedatangan Bandar Udara H.A.S. Hanandjoeddin. Kedatangan jalur umum ini akan dikhususkan untuk kedatangan delegasi, terpisah dengan ruang kedatangan jadwal normal.

Menteri Suharso juga sempat meninjau langsung ke landasan, selain fasilitas Karantina Kesehatan yang sudah sesuai standar, toilet, hingga kebersihan.

 

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top