Apresiasi Niat Bupati, PWI Babel Dorong Belitung Jadi Tuan Rumah HPN 2024

Apresiasi Niat Bupati, PWI Babel Dorong Belitung Jadi Tuan Rumah HPN 2024

beritababel

 

PANGKALPINANG BBC - PWI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong niatan Bupati Belitung H. Sahani Saleh untuk menarik event Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024. Dorongan untuk realisasi keinginan tersebut tertuang dalam salah satu keputusan Konferensi Kerja Daerah PWI ke VII yang diselenggarakan Sabtu (24/9/22) di Pangkalpinang.

Dalam keterangan persnya, Ketua PWI Babel M. Fathurrakhman mengatakan bahwa peluang bagi Babel menjadi tuan rumah HPN 2024 tersebut sangat besar. Selain belum pernah mendapatkan kesempatan, Babel pun pernah ditawarkan usai Sumatera Barat menjadi tuan rumah pada tahun 2018 lalu.

“Sebagai bentuk apresiasi kita atas keinginan Bupati Belitung untuk menjadi kan Bangka Belitung, khususnya Belitung sebagai tuan rumah HPN. Jelas kita sangat mendukung jika Bupati Belitung mempunyai niatan seperti itu, karena tuan rumah penyelenggara HPN selalu mendapat manfaat besar dari event tahunan tersebut. Termasuk proyek-proyek strategis nasional selalu menjadi kado dari pemerintah pusat, yang dalam hal ini presiden Jokowi pada setiap gelaran HPN. Jadi kalau memang ada keinginan Babel atau Belitung khususnya ingin menjadi tuan rumah, kita dukung sekali itu,” ujar Fathurrakhman.

Ketua PWI yang akrab disapa Boy ini meyakini Belitung sangat mumpuni untuk menjadi tuan rumah HPN 2024 mendatang. Mengingat berbagai event nasional bahkan internasional kerap digelar negeri laskar pelangi tersebut. Apalagi event seperti HPN tersebut memiliki magnet yang mampu mendatangkan wisatawan dalam jumlah ribuan orang.

“Saya memandang bahwa sebagai daerah yang hari ini concern nya pada sektor pariwisata seperti Belitung, sangat pas menjadi tuan rumah HPN. Mengingat event berskala internasional pun selalu sukses digelar Belitung. Perlu dicatat, bahwa HPN senantiasa dihadiri oleh ribuan orang, ribuan wartawan akan selalu memadati daerah tuan rumah HPN. Belum lagi Tamu resmi seperti presiden RI. Akan selalu menyeret serta rombongan kabinet untuk datang. Belum lagi sejumlah duta besar negara sahabat, investor nasional dan internasional, organisasi pers internasional dan masih banyak lagi. Intinya selalu ada manfaat besar bagi daerah tuan rumah HPN,” timpal Boy.

Sebelumnya Ketua PWI Belitung, MC. Tedja Permana dalam Konkerda PWI Babel ke VII menyampaikan pemaparan terkait program kerja PWI Kabupaten Belitung. Dalam kesempatan tersebut, Tedja Permana menyampaikan hasil audiensi PWI Belitung dengan Bupati, Sahani Saleh. saat itu Bupati menyampaikan harapan dan niatannya untuk Belitung khususnya, memberanikan diri menjadi tuan rumah penyelenggara HPN pada 2024 mendatang.

“Saya kira moment Konferensi Kerja Daerah PWI Babel ini merupakan saat tepat saya menyampaikan niatan dari Bupati Belitung, Bapak Sahani Saleh yang berkeinginan Belitung menjadi tuan rumah HPN pada 2024 nanti. Dalam rapat tadi kawan-kawan di PWI Provinsi ternyata begitu apresiasi dan menjadikan HPN sebagai salah satu Diktum keputusan Konkerda ini. Dengan kesepakatan akan mendorong. Akan tetapi ini masih permulaan. Selanjutnya kita akan mengatur waktu yang tepat untuk PWI Provinsi beraudiensi dengan Pak Sanem, untuk kita bicara kemungkinan-kemungkinannya. Secepatnya kita akan coba bicarakan lebih jauh soal niat menjadi tuan rumah HPN 2024 ini,” terang Tedja.

Hari Pers Nasional tahun 2023 mendatang sudah diputuskan pada HPN 2022 di Kendari Sulawesi Tenggara, Februari lalu. Sumatera Utara akan menjadi tuan rumah HPN tahun depan. Sementara untuk tuan rumah HPN 2024, rencananya akan dibahas pada Rakernas PWI di Surabaya pada 20 November 2022 mentatang.

“Banyak daerah yang mengincar untuk menjadi tuan rumah puncak Hari Pers Nasional ini, sebagian daerah bahkan pernah sampai 2 kali jadi tuan rumah, karena tau dampak positifnya. Kita berharap wacana dari Bupati Belitung tersebut bisa direalisasikan. PWI Provinsi siap mendorong seperti melobby panitia pusat untuk menunjuk Babel atau Belitung sebagai tuan rumah. Dan khusus Belitung, saya meyakini bahwa Belitung mampu untuk itu,” ujar Boy.(red)

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top