Lepas 72 Kafilah MTQ ke Tingkat Nasional, Ini Pesan Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin

Lepas 72 Kafilah MTQ ke Tingkat Nasional, Ini Pesan Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin

Advertorial

PANGKALPINANG BBC - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin melepas 72 kafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Provinsi (Prov) Kep. Babel yang akan mengikuti MTQ XXIX tingkat nasional di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan pada 10-19 Oktober 2022.

"Selamat berjuang di pentas nasional. Harumkan nama Kepulauan Bangka Belitung dengan menjunjung sportivitas dan nilai kejujuran," ungkapnya di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur, Rabu (5/10).

Disamping itu, dirinya juga mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Prov. Kep. Babel dalam menyiapkan kafilah ke MTQ nasional yang telah dimulai sejak Desember 2021.

"Saya meyakini, bukan perkara mudah mempersiapkan kafilah ini, yang terpilih haruslah yang terbaik dan telah melalui serangkaian proses yang cukup panjang. Ibarat intan, setelah didapat tentu harus digosok agar bisa menjadi berlian terbaik," tuturnya.

Kepada para kafilah yang akan bertanding, ia menuturkan bahwa dalam sebuah perlombaan, menang atau kalah adalah hal biasa, dan menjadi juara tentu idaman setiap peserta, termasuk dirinya yang berharap Kep. Babel masuk 10 besar MTQ XXIX tingkat nasional setelah sebelumnya meraih peringkat ke-11.

Dirinya juga berpesan bila nanti dalam kafilah ini ada yang menjadi juara, tak perlu angkuh dan jumawa. Jangan larut dalam kesombongan, karena menurutnya ada banyak orang besar yang akhirnya jatuh sebagai buah dari kesombongannya.

Termasuk yang belum berkesempatan menjadi finalis, ia menuturkan agar tak perlu berkecil hati karena baginya, mereka telah menjadi yang terbaik di Kep. Babel, dan akan selalu ada waktu dan kesempatan berikutnya dengan terus memperbaiki diri dan jangan pantang menyerah.

"Saya senantiasa mendoakan anak-anakku sekalian agar diberikan kekuatan dan kesehatan oleh Allah SWT, sehingga bisa memberikan hasil maksimal saat perlombaan nanti. Terima kasih saya haturkan atas segala persiapan yang telah dilakukan," tutupnya.

*Aqila, Kafilah MTQ Termuda Asal Toboali Siap Harumkan Bangka Belitung*

Aqila Azahwa, siswa SD 7 Toboali, Kabupaten Bangka Selatan mencatatkan diri sebagai kafilah termuda yang akan mewakili Prov. Kep. Babel dalam perhelatan MTQ XXIX tingkat nasional tahun 2022. Siswa yang kini duduk di kelas 4 ini ternyata sejak kecil sudah fasih akan tartil Al-Quran.

Kepiawaian Aqila akan tartil Al-Quran dibuktikan dengan berhasil menyingkirkan berbagai peserta lain, mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi dengan proses seleksi dan pembinaan yang ketat selama setahun belakangan ini. Nantinya Aqila akan bertanding melawan Kafilah dari provinsi lain di kelas tartil puteri.

Dikatakan Aqila, jika nantinya dirinya mampu meraih juara di MTQ XXIX di Banjarmasin, maka hadiahnya akan ditabung untuk mewujudkan cita-citanya.

"Semoga bisa jadi juara, nanti uangnya ditabung untuk jadi dokter," tukasnya.

Untuk MTQ XXIX Tahun 2022, Prov. Kep. Babel mengirimkan 72 kafilah yang terdiri dari Kabupaten Bangka 6 orang, Bangka Barat 3 orang, Bangka Tengah 18 orang, Bangka Selatan 12 orang, Belitung 5 orang, dan Kota Pangkalpinang 5 orang, sementara sisanya para _official_

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top