Pj Gubernur Tegaskan Penerapan Budaya Kerja Bersih di TPI Muara Sungai Baturusa

Pj Gubernur Tegaskan Penerapan Budaya Kerja Bersih di TPI Muara Sungai Baturusa

Advertorial

KETAPANG BBC - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel), Ridwan Djamaluddin meninjau kesiapan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Muara Suara Sungai Baturusa di Pangkalpinang, Senin (17/10/2022).

TPI ini merupakan peralihan dari TPI milik Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang yang kini dikelola oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel. Pembangunan TPI telah dilakukan sejak bulan Agustus tahun 2021 lalu. TPI seluas 5,2 hektar ini dibangun untuk 102 lapak, yang pembagiannya akan dilaksanakan pada Rabu, 19 Oktober 2022 mendatang.

Dalam kunjungan tersebut, Pj Gubernur mengatakan bahwa dirinya ingin menciptakan budaya kerja yang bersih di lingkungan sarana-prasarana TPI Muara Sungai Baturusa ini. Jadi nantinya, terbentuk kenyamanan bebas sampah, becek dan bau tidak sedap, untuk penjual maupun pembeli.

"Sebelum TPI dibuka dan beroperasi, saya minta nanti ini dipersiapkan dan dibersihkan terlebih dahulu. Jadi, ketika para penjual/nelayan datang, yang becek sudah harus kering dan juga bersih dari sampah-sampah. Apabila Rabu ini sudah dibagikan lapaknya, maka saya maunya sudah mulai dibangun budaya kerja yang bersih tersebut," ujarnya.

Untuk mendukung hal tersebut, pada bangunan PPP dibuat pula saluran pembuangan air, yang nantinya sangat berguna untuk membuang air-air ikan. Hal ini diharapkannya dapat mengurangi kondisi becek saat tempat ini beroperasi.

Demi kenyamanan dan keamanannya, Pj Gubernur meminta untuk ditambahkan fasilitas toilet umum, juga dibangun pos keamanan _(security)_ di sekitar TPI.

"Untuk menekan terjadinya kriminalitas, saya minta dibuat pos keamanan di dekat sini, ya. Selain itu, sepertinya kurang jika toiletnya hanya ada empat. Nanti minta tolong ditambah lagi," kata Pj Gubernur.

Selain itu, Ia juga memberikan saran agar nantinya tempat ini dapat dibangun pasar induk. Sehingga, pasar ikan akan berdampingan dengan pasar induk. Hal ini menurutnya merupakan salah satu bentuk untuk menekan isu inflasi di Kep. Babel.

Didampingi oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Prov. Kep. Babel, Fery Insani, dan Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Prov. Kep. Babel M. Haris, Pj Gubernur mengelilingi kawasan TPI Muara Sungai Baturusa.

Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top