Setelah 3 Hari Beroperasi, Pj Gubernur Kembali Pantau Fungsi Sarana TPI Pantai Muara Sungai Baturusa

Setelah 3 Hari Beroperasi, Pj Gubernur Kembali Pantau Fungsi Sarana TPI Pantai Muara Sungai Baturusa

Advertorial

BATURUSA BBC - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin kembali memantau pemanfaatan fungsi sarana Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan (PP) Pantai Muara Sungai Baturusa Ketapang yang baru mulai beroperasi pada 1 November 2022 yang lalu. Pada kunjungan ini juga dilakukan aksi gotong-royong bersama membersihkan areal TPI pegawai DLHK, siswa-siswi SMKN 1, SMAN 1 Pangkalpinang, SMKN 2 Pangkalpinang beserta petugas kebersihan, Jumat (4/11/2022).

"Alhamdulilah, tempat ini sudah mulai beroperasi dan tentunya lebih baik dari tempat sebelumnya," ujarnya usai memantau fasilitas dan areal TPI.

Lebih lanjut Pj. Gubernur Ridwan mengungkapkan pihaknya akan terus melengkapi sarana dan prasarana hingga pemanfaatan TPI ini nantinya maksimal.

"Kita terus berproses, memang masih banyak detail yang harus terus kita benahi. Seperti misalnya penerangan yang menurut pengguna masih kurang. Ini nanti akan kita fasilitasi dengan menambah lampu. Kemudian pasokan air bersih dan pompa," ungkapnya.

Sementara akses jalan dan kawasan sekitar yang masih banyak genangan air akan di kelola oleh DKP dan Dinas PUPR.

"Yang paling belum selesai adalah kawasan yang masih banyak genangan air sehingga becek dan kurang bersih. Selain itu, akan kita tata dengan melakukan penghijauan di sekitarnya. Yang pasti saya ingin image pasar ikan itu bersih. Dan kawasan ini nantinya menjadi _role model_ kawasan perikanan yang menggambarkan bahwa kita adalah provinsi kepulauan," tegasnya.

Tidak hanya fokus dengan areal dan bangunan yang baru, Pj. Gubernur Ridwan juga beserta jajarannya akan memaksimalkan pemanfaatan bangunan lama.

"Bangunan ini nantinya akan kita renovasi dan ditata kembali. Sebagian nanti akan digunakan untuk lapak-lapak bagi penjual ikan serta kawasan wisata kuliner," ungkapnya.

Dirinya menuturkan penyediaan serta pengerjaan kelengkapan sarana dan prasarana ini dapat segera direalisasikan.

"Dengan menggunakan anggaran Dana Insentif Daerah (DID) yang diperoleh karena keberhasilan daerah menangani inflasi. Waktunya memang singkat, karenanya kita berharap pemerintah dan masyarakat terus bersinergi," ujarnya.

Pada kesempatan ini, Pj. Gubernur Ridwan membagikan kantong belanja _reusable_ sekaligus mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik saat berbelanja.

"Di sini juga kita bersama menyadarkan masyarakat akan kebersihan utamanya tidak lagi menggunakan kantong plastik. Ini sangat penting mengingat sampah plastik ini pada akhirnya akan bermuara ke laut sehingga menganggu ekosistem," pungkasnya.

Riko Iskandar dari Koperasi Ketapang Jaya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena keberadaan gedung TPI yang baru ini membuat mereka nyaman untuk beraktivitas.

"Gedungnya besar dan luas sehingga kami dapat lebih leluasa melakukan aktivitas. Kebersihannya juga sekarang terjaga. Namun memang lampunya kurang terang. Semoga ke depan nanti ini bisa difasilitasi," ungkapnya.



Berita Terkait

Komentar Facebook

Back to Top